Risalah 2 – Indonesiais

Sawangan, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Manusia Indonesia (Pancasilaisme) - Bung Eza

SURAT TERBUKA UNTUK INDONESIA RAYA

Risalah 2

Indonesiaku yang kucintai..?

Banyak orang yang mengklaim dirinya sebagai Indonesianis sejati. Agar klaimmu dapat kamu pertanggungjawabkan, kamu mesti memahami dahulu apa sesungguhnya Indonesianis itu. Siapakah yang berhak disebut sebagai Indonesianis sejati?

Indonesiaku..

Akhiran “is” bermakna pemeluk, pendukung, pemilik sifat sifat. Pancasilais, pendukung Pancasila. Indonesianis berarti pencinta, pendukung, pemeluk, pembela Indonesia.

Indonesia secara geography membentang dulu dari Merauke sampai Sabang (entahlah sekarang ehm??). Secara ideologis ruhnya adalah butir2 Pancasila.

Indonesianis sejati adalah mereka yang berjiwa Pancasila, berketuhanan, berkemanusiaan, cinta persatuan, berkebijaksanaan, berorientasi kecintaan pada tanah air, peduli dan berpihak pada Negara Republik Indonesia ( bukan NKRI tapi NRI).

Indonesianis sejati adalah mereka yang darah, daging, tulang, urat, sumsum, dan otaknya disemangati ketuhanan dan kemanusiaan menciptakan persatuan.

Indonesianis sejati bukan yang bicara sesuatu yang tidak produktif. Bicara hal hal yang semakin membelah persatuan, memecah-belah persaudaraan demi karir politik, demi penguasaan, demi kelompok agama, keyakinan, aliran, golongan, mengorbankan persatuan mereka adalah agen-agen musuh Indonesia. Mereka bukan Indonesianis sejati.

image

Wajah Indonesia - Bung Kulaniy

Indonesiaku tercinta..

Semakin seorang warga menjaga dan memelihara keutuhan bangsa semakin ia disebut Indonesianis. Semakin ia memecah belah bangsa, baik atas nama agama, golongan, suku, partai, demokrasi bahkan atas nama tuhan sekalipun, atas dasar logika ini dia adalah agen musuh.

Agar kamu tidak perhatian pada nilai keindonesiaan, agar kamu tidak menjadi indonesianis sejati maka kepadamu dibuatkan kesibukan, disuguhkan mainan berupa isu-isu yang tidak penting. Dan kalian pun beramai-ramai rebutan “mainan” itu.

Salam Bhinneka Tunggal Ika !
Salam Indonesia!

(Penyunting: Ridhwan Kulaniy)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s