Risalah 4 – “Teknologi” Antara Kemajuan dan Kemunduran Kualitas Manusia

Sawangan, Maret, 2016
Oleh: Eza Azerila

SURAT TERBUKA UNTUK INDONESIA

Risalah 4

Indonesiaku tercinta,

Semoga hidupmu terus dalam cita cita mulia membangun kualitas dirimu, demi memberikan sesuatu yang berharga bagi sesama, alam, dan lingkunganmu. Hidup ini hanyalah perjalanan, dmn setiap jejak yang kamu tinggalkan tidak begitu saja dapat dilupakan.

Indonesiaku,

Dunia kini semakin kecil, semakin terbuka, semakin transparan, semakin terjangkau. Tidak ada lagi jejakmu yang tersembunyi. Semua detil detil pikiran, perasaan, gagasan, selera, dan apapun luar dalammu terekam oleh google, FB, Twitter, Instagram, Telegram, bbm, Line dan lain lain.

Apa yang kamu posting, baik berupa tulisan, stiker, meme, film, video,berita atau apapun semua menjadi rekaman jejak jejakmu yang undeleted, permanently hingga kamu meninggalkan hidup ini. Semua itu menjadi potret sejarahmu yang akan dibaca oleh anak cucu cicitmu.

Anak cucu cicitmu akan melihatmu telah mengambil peran sebagai problem solver atau problem maker sepanjang hidupmu dari jejak-jejakmu itu.

Mereka yang tertangkap basah berbuat kekejian, korupsi, pemerkosaan, perampokan, pembunuhan, pencurian, perampasan, plagiasi, pemecah-belah, penipuan, telah menyiksa kejiwaan anak cucu cicitnya 17 keturunan.

Mereka yang hanya memanfaatkan teknologi internet utk berbagi kebodohan, umpat mengumpat, menebar kebencian dan permusuhan, konflik, luculucuan belaka, dikenal oleh anak cucu cicitnya sebagai kakek yang gagal mengisi durasi hidupnya.

Mereka yang mengukir kehidupan dengan semangat cinta kasih, kemurahan, berbagi kebahagiaan, meringankan beban, membangu fasilitas pelayanan, mempersatukan, merawat alam dan lingkungan, menyebarkan pengetahuan, menghibur dan membahagiakan, akan membuat manusia dan kemanusiaan berterimakasih padanya sepanjang sejarah.

Memang kamu bebas menentukan mau melakukan apa, menulis apa, dan bersikap bagaimana, tapi kamu terikat dan tak pernah dapat melepaskan dirimu dari segala akibat dan konsekuensinya.

Berbagilah wahai Indonesiaku, jejak-jejakmu direkam oleh mesin alam dan mesin digital yang kamu gunakan.

Salam Bhinneka Tunggal Ika

(Penyunting: Ridhwan Kulaniy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s