Risalah 6 – Jenis Manusia, kamu termasuk yang mana..?

Sawangan Depok, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Manusia

SURAT TERBUKA UNTUK INDONESIA

Risalah 6

Indonesiaku tercinta,

Secara kualitas, katagori manusia itu ada tiga jenis. Manusia terjajah, manusia bebas, dan manusia merdeka.

– Manusia terjajah adalah manusia yang membiarkan dirinya dipola, dibentuk, diprogram, dikendalikan, dimangsa, diwarnai, ditindas, diperkosa, dan dijajah pihak lain. Mereka tidak punya pendirian. Hanya ikut arus. Ikut mainstream. Hanya dapat menari dari genderang yang ditabuh pihak lain.

Ada musik disuguhkan mereka lantas menari. Mereka tidak punya program hidup. Ada musik LGBT langsung menari beramai-ramai bicara LGBT. Padahal mereka bukan ahli di bidang itu. Ada musik Kalijodo, musik aliran agama, musik sianida, musik KPK, musik pilkada, dbl (dan banyak lagi). Pikiran dan perasaan mereka siap diadukaduk pihak lain. Mereka tidak punya program. Diri mereka diprogram pihak lain. Ehm, kasian. Habis gimana mereka maunya begitu..?

image

Media mainstream mengambil perhatian masyarakat Umum lewat isu-isu dan propaganda asing dalam berbagai bidang. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian publik dan mengacaukan nuansa persatuan seluruh rakyat Indonesia.

– Jenis kedua manusia bebas. Manusia jenis ini memang tidak dikendalikan pihak lain. Tidak ada satupun yg dpt memengaruhi dirinya. Dia dalam kebebasan sempurna. Tak terikat norma, aturan, etika. Suka-suka. Semau gue. Cuek bebek. Memang dirinya tidak dikendalikan pihak lain tapi sesungguhnya ia sedang dalam kendali libido syahwatnya sendiri. Ia sedang dimangsa, dipaksa, dijajah, dan diperkosa oleh sisi dirinya yang rendah. Kita hanya bisa kasihan. Mereka sendiri tidak mengasihani dan menyayangi dirinya.

– Ketiga, manusia merdeka. Jenis ini adalah jenis maung. Manusia Unggul. Mereka benar benar terbebas dari kendali pihak lain dan terbebaskan dari kendali diri ilusinya. Mereka hanya berpijak pada nilai-nilai luhur ketuhanan, kemanusiaan, kebenaran, keadilan, kejujuran, kebijaksanaan, kemurahan, cinta kasih dan keindahan. Mereka tidak pernah menyediakan dirinya diprogram, digembalakan, dikelola, dipola, dikendalikan, diadu oleh pihak manapun. Mereka aktif memprogram dan menciptakan musik indah dimana semua menari mengikuti irama dan alunan musiknya

image

Manusia Merdeka

Gandi, Che Guevara, Nelson Mandela, Teresa, dan Sukarno masuk dalam katagori maung, manusia unggul. Manusia Merdeka.
Dalam sejarah umat manusia selalu saja ada tiga katagori ini. Dalam katagori manakah dirimu, lihat saja ciri ciri di atas.

Salam Komando

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s