Risalah 19 – Hakikat Bangsa dan Keadilan Sosial

Gandaria, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Pancasila - Bhinneka Tunggal Ika

SURAT CINTAKU UNTUKMU

Risalah 19

Indonesiaku,

Kehidupan ini berlangsung dengan mekanisme sosial dimana satu masyarakat dipimpin oleh seorang yang dianggap memiliki kelebihan. Dalam tradisi masyarakat Timur ayah memimpin dalam cakupan keluarga. Ketua RT memimpin dalam cakupan skala rt dst. Kepemimpinan tidak dapat dihilangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbanhsa, bernegara dan skala dunia.

Indonesiaku..

Begitu menentukannya wujud seorang pemimpin maka baik buruknya, maju mundurnya, hebat tidaknya suatu bangsa sangat tergantung dan bergantung pada kualitas pemimpinnya. Aku tidak merekomendasikanmu siapakah nama pemimpin yang layak untuk bangsa ini. Hanya saja karena kita telah sepakati bahwa Pancasila adalah dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, maka aku hanya membuat satu kriteria pemimpin yang akan membuat bangsa ini hebat, kuat, sehat dan bermartabat.

Indonesiaku..

Semangat bangsa ini adalah semangat Bhinneka Tunggal Ika, ruhnya adalah ketuhanan, jiwanya adalah kemanusiaan, cita-citanya adalah keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

image

Manusia Pancasila

Indonesiaku..

Jika ada seorang dari warga bangsa ini, apapun asal sukunya, apapun keyakinan agamanya, apapun asal-usul kelompoknya, apapun kelas sosial ekonominya, manakala ia dapat membuktikan dirinya paling terdepan dalam merealisasikan nilai-nilai ketuhanan, paling mengukir hidupnya dengan jiwa kemanusiaan, paling memelopori semangat persatuan, paling peduli pada nilai-nilai musyawarah, paling kuat cita-citanya untuk terciptanya keadilan, paling terdepan dalam mengambil tanggungjawab kebangsaan, maka hendaknya segenap warga bangsa bersatu-padu, berduyun-duyun, bergegas, tanpa ragu untuk mendukung, memberi jalan, dan beramai-ramai mengangkatnya sebagai pemimpin bangsa ini.

Namun, jika ada seseorang yang tiba-tiba muncul memamerkan dirinya, mengkampanyekan identitasnya, mengaku-aku akan berbuat ini dan itu, tunggu dulu, sampai dia benar-benar dapat membuktikan bahwa dirinya memiliki kualitas-kualitas di atas.

Indonesiaku..

Satu suara saja darimu akan sangat menentukan nasib bangsa ini ke depan. Jangan lacurkan dirimu, jangan jual suaramu jika kamu benar-benar punya tanggungjawab terhadap negeri ini, terhadap bangsa ini.

Salam Pancasila

(Penyunting: Tim KOMANDO)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s