Risalah 22 – MERDEKA

Gandaria, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Merdeka itu Independent, bukan Freedom.

SURAT TERBUKA

Risalah 22

Indonesiaku..

Para pejuang kita dahulu memperkenalkan pada kita kosakata MERDEKA. Merdeka bukan bebas. Merdeka adalah independent. Bebas freedom. Cara berpikir dunia Barat freedom bukan independent.

Independent adalah kemerdekaan dari pengendalian pihak manapun, dan tidak dikendalikan oleh sikap semau-mau dan sesuka-suka diri kita. Kemerdekaan berpijak dan hanya berpihak pada kebenaran, keadilan, kebijaksanaan, kemurahan, kehormatan, dan cinta kasih. Demi tegaknya nilai-nilai itu semua orang merdeka berdiri tegak tak bergeser seinci pun. Tidak menoleh ke Timur juga tidak ke Barat.

Merdeka bukan bebas, semau-mau, dan sesuka-suka. Tapi dengan perlahan-lahan melalui media sosial generasimu sedang dibuat bebas, freedom, dan mulai tak dapat dikendalikan. Mulai masuk kebebasan ini dan anu. Pemerintah, lembaga-lembaga kepolisian, pendidikan, tangannya dibelenggu oleh gerakan kebebasan. Dengan perangkat HAM dan payungpayung LSM yang berfungsi sebagai corong gerakan freedom.

Semua bicara, semua berekspressi, semua bebas tak terkendali. Belenggu ini kadang berbentuk citra negara demokratis, pemerintahan demokratis, negara menuju demokrasi sejati dst. Tiba-tiba pemerintah kehilangan wibawa, lembagalembaga kepolosian, hukum, kejaksaan, pendisikan kehilangan wewenang dihadapkan pada memilih demokrasi atau diktator,memilih citra kebebasan atau kekakuan.

Tiba-tiba televisi tidak ada nilai edukasinya. Edukasi tidak masuk katagori bebas. Tiba-tiba anak anakmu kamu temukan sudah bukan lagi hasil didikanmu atau sekolah tapi hasil didikan sinetron, lawak, situs jorok, dan seterusnya.

image

Merdeka itu...

Ketika bangsamu mengatakan selamat datang kebebasan saat yang sama kamu sedang mengatakan selamat tinggal KEMERDEKAAN!!!?

Salam Kemerdekaan

(Penyunting: Tim KOMANDO)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s