Risalah 23 – Realitas Dirimu

Minggu, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Realitas Dirimu

SURAT TERBUKA UNTUKMU

Risalah 23

Indonesiaku,

Urusan di dunia ini terlalu banyak sebanyak kepala orang orang yang hidup. Sementara kesempatan, kecakapan, keahlian, kemampuan, dan daya jangkaumu begitu terbatas untuk mengurusi berbagai hal.

Makanya dalam hidup ini ada organisasi, ada pembagian tugas, untuk menangani segala urusan sesuai bidang kecakapan dan keahlian demi efisiensi, efektifitas, dan produktifitas. Hakim, jaksa, dan polisi berurusan dengan dunia hukum. Dosen, guru, pendidik psikolog berurusan dengan dunia kejiwaan dan pendidikan. Sosiolog berurusan dengan gejala kemasyarakatan. Dan sebagainya.

Segala persoalan urusannya dikembalikan pada yang punya urusan dan punya keahlian di bidang garap urusan masing masing.

Apakah kamu ahli kejiwaan dan pendapatmu dapat menyelesaikan persoalan kejiwaan saat kamu berhari-hari berceloteh masuk ke domain LGBT, atau kamu punya otoritas hukum di situ sehingga kata-katamu efektif menjadi keputusan dan ketentuan?

Apakah kamu mengerti urusan politik dan pemerintahan sehingha kamu menceburkan diri dalam persoalan politik dan kebijakan?

Apakah kamu ahli agama sehingga segala sesuatu kamu kaitkan dengan fatwa-fatwa agama yg semakin memperburuk citra agama?

Sekiranya segala urusan dikembalikan pada ahlinya, dan setiap kita hanya mengurusi dan menyelesaikan persoalan yang dekat dengan diri kita, dan tidak ada yang lebih dekat dengan kita selain diri kita sendiri, maka persoalan akan semakin berkurang, para ahli mendapatkan porsi bicara, yang tidak ahli menerima solusi dari para ahli dan semua kehidupan berjalan tertib, semua ikut membangun bangsa sesuai porsi dan skala kemampuan diri.

image

Negeri ini Butuh Aksi, bukan Opini.

Indonesiaku..

Negeri ini tidak membutuhkan celotehan dan kicauan, negeri ini butuh solusi konkrit dan konklusif. Jika kamu punya kompetensi, kecakapan dan keahlian, libatkanlah dirimu, jika tidak sebaiknya kita ngopi bareng yuk.., hmm…

Salam Peduli Kebangsaan

(Penyunting: Tim KOMANDO)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s