Risalah 28 – Politik adalah Nafasmu

Gandaria, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Realisasikan semua Potensi dirimu, dan tunjukkan pada semua bahawa dirimu bisa!!

Risalah 28

KURSUS POLITIK ADILUHUR (edisi 03)

Indonesiaku..

Politik bukanlah pengetahuan akademis yang didiskusikan di fakultas ilmu sospol. Yang dipelajari dari buku-buku tentang politik dan dasar-dasar politik secara akademis itu yang salah satunya menjadi bacaan setengah wajib ditulis oleh Miriam Budiarjo itu adalah teori-teori politik kenegaraan dan pemerintahan. Teori-teori mana yg akan melahirkan para pengamat politik dan komentator politik.

Politik adiluhur adalah politik dalam kehidupan nyata dimana mau tidak mau, suka tidak suka, sadar tidak sadar, kamu sedang berenang renang di dalamnya dan tak dapat menghindar darinya.

Indonesiaku..

Politik adalah aktifitas seni, ketrampilan, strategi mengelola, mengendalikan, memimpin manusia mencapai dan meraih cita-cita dan tujuannya. Dan jangan lupa, manusia pertama kali yang menjadi objek pengelolaan, objek pengendalian, objek yang harus dipimpin olehmu adalah dirimu sendiri.

Dalam politik nyata ini, manusia hanya memberikan diri hasil dari pengelolaannya atas potensinya, kepada alam dan lingkungan sesama. Ya, hanya memberi yang ia punyai, tidak yang lain.

Jika kamu mempunyai kebahagiaan kamu membagi dan memberi kebahagiaan. Jika kamu punya cinta ya kamu memberi cinta, jika kamu punya solusi ya kamu memberi solusi. Artinya, saat kamu memberi sesuatu itu menandakan bahwa kamu mempunyai sesuatu itu. Yang tak punya apa-apa tak kan dapat memberikan apa-apa.

Mereka yang memberi penderitaan, kesengsaraan, kesusahan, atau problem , karena hanya itulah yang mereka punyai , hasil pengelolaan sumberdaya dalam dirinya, dan hanya itu yang dapat dibagikan pada kehidupan.

image

Politik adalah Kehidupan Nyata tak terpisahkan dari setiap langkahmu.

Atas dasar logika ini, maka politik artinya berbagi pada kehidupan. Untuk kamu membagi ilmu kamu tidak harus berprofesi sebagai dosen atau guru. Untuk membagi nasihat dan pengalaman kamu tidak harus berprofesi sebagai konsultan kejiwaan. Untuk ikut peduli dan berbagi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kamu tidak harus berprofesi sebagai presiden, menteri, gubernur, atau aktif di sebuah partai politik, dsb.

Bangsa dan negeri tercinta ini butuh manusia manusia kreatif, manusia manusia yang memiliki kesadaran politik adiluhur.

Bicarakanlah politik seperti kamu bicarakan perdagangan, bisnis, rumahtangga. Berpolitik tidak mengharuskan kamu berada sebagai anggota atau pejabat dalam partai politik.

Politik itu suatu hal yang biasa. Politik adalah napasmu.

Salam Politik Adiluhur

(Penyunting: Tim KOMANDO)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s