Risalah 32 – Keberpihakan Politik

Bojongsari, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Realitas adalah Wujud Ketuhanan

KURSUS POLITIK ADILUHUR PANCASILA

Risalah 32 / Keberpihakan Politik

Indonesiaku..

Berpihak itu artinya berpegang dengan setia kepada sesuatu yang dianggap benar.

Berpihak itu ada yang bersifat klaim atau pengakuan. Dan berpihak yang sebenarnya adalah bergabung dan setia pada nilai-nilai dalam bentuk sikap yang nyata.

Jika kamu mengembangkan nilai-nilai luhur ketuhanan, cinta kasih, murah hati, adil, bijaksana, peduli sesama, berprilaku benar, berpikir benar, berkata dan bertindak benar, maka kamu sungguh-sungguh sedang berpihak pada Tuhan, meskipun kamu tidak umumkan pada dunia bahwa kamu orang beragama dan meskipun orang-orang mengatakan kamu tidak bertuhan dan menuduhmu sebagai orang kafir.

Namun seorang yang hidupnya mengganggu, mengembangkan kebencian dan permusuhan, mengadu domba, mendaftarkan setiap orang masuk dalam daftar calon penghuni neraka, menebar perpecahan, pertikaian, kekacauan, suka melihat org susah, dan gelisah melihat orang bahagia, memporak-porandakan keutuhan berbangsa, menghasut dsb, sesungguhnyalah saat itu ia sedang berpihak dan bersekutu dengan Kang Iblis, meskipun ia berteriak kemana-mana bahwa ia paling beragama. Meskipun ia sering menyebut kebesaran Tuhan.
Setiap manusia sedang berpihak. Dan keberpihakannya yang paling nyata adalah ukiran ukiran hidupnya yang terproyeksi dalam bentuk sikap-sikap. Dalam dunia acapkali terjadi ada manusia berpihak pada Tuhan dituduh sebagai kafir dan tidak sedikit pula orang berpihak pada iblis mengaku membela Tuhan.

Yang mengukuhkan seseorg berpihak pada Tuhan atau pada iblis bukanlah teriakan dan pengakuannya, tapi realitas sikap yang dikembangkan dalam kehidupannya.

Salam Indonesia

(Penyunting: Bung dan Bunga KOMANDO)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s