Risalah 40 – Politik Insani

Gandaria, 9 Maret 2016

oleh : eza azerila

 

 

IMG-20160315-WA0026

KURSUS POLITIK ADILUHUR PANCASILA

Risalah 40 / Politik Insani

Indonesiaku…

Pada risalah sebelumnya aku sudah jelaskan bahwa politik itu adalah seni dan keterampilan mengelola, mengendalikan dan memimpin manusia untuk mencapai tujuan dan cita-citanya. Dan bahwa proses politik pertama kali berperistiwa di dalam wilayah pemerintahan diri.

Atas logika ini, politik tidak berkorelasi langsung dengan pemerintahan, dengan kenegaraan, dengan kepartaian, dengan keormasan, dengan kedewanan, dan dengan kedemokrasian.
.
Politik dalam logika ini sangat berhubungan dengan bagaimana membangun dan meningkatkan kualitas diri : kualitas spiritual, kualitas intelektual, kualitas rasional, kualitas emosional, kualitas moral, kualitas aktual, dan kualitas mental. Di luar peningkatan kualitas dirimu hanyalah aksesori, hanyalah efek, hanyalah permainan, hanyalah bumbu kehidupan, hanyalah nuansa, hanyalah dansa dan tarian kehidupan.

Indonesiaku…

Kesuksesan atau kegagalan politikmu dimulai dari kesuksesan atau kegagalanmu memimpin dirimu.

Semakin kuat kualitasmu, semakin kuat cahayamu menerpa lingkunganmu. Semakin lemah kualitas dirimu, semakin mudah dirimu ditarik kesana dan kemari dan hidupmu selamanya hanyalah menari, mengikuti irama politik yang ditabuh oleh pihak-pihak lain sesuai selera musik mereka. Dan kamu terus menari dan menari dalam keadaan seperti orang mabuk tak sadarkan diri.

Kamu dapat membuat dirimu begitu nyata dan darinya tercipta bayanganmu dan kamu juga bisa menjadi bayangan orang lain. Kamu dapat menjadi penabuh musik atau menjadi penari latar belakang.

Jika kamu punya kesempatan menabuh musikmu sendiri mengapa kamu menari dari tabuhan musik pihak lain? Atau mengapa kamu tidak menutup telingamu dari musik yang dipaksakan oleh selera mereka?

Salam Merdeka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s