Risalah 43 – Posisi Agama dan Negara

Puskesmas Parung, 9 Maret 2016

oleh : eza azerila

IMG-20160315-WA0008

KURSUS POLITIK ADILUHUR

Risalah 43 / Posisi Agama dan Negara

Indonesiaku..

Kerusuhan dalam perdebatan agama, golongan dan partai, dalam pandangan politik adiluhur dikarenakan mereka keliru mengenal agama, negara dan politik.

Jika seseorang mengerti hakikat politik adiluhur, maka mereka akan menempatkan agama dan negara secara adil.

Agama datang untuk memperkenalkan kasih sayang Tuhan kepada makhlukNya. Semakin seseorang beragama maka dia semakin berTuhan. Semakin dia berTuhan, dia akan semakin mampu mengembangkan hidup dengan penuh cinta kasih dan kedamaian. Agama datang untuk membuatmu menjadi manusia yang berTuhan. Tidak mengapa kamu memilih agama apa saja, yang terpenting dengan agama tersebut kamu menjadi berketuhanan, yang kemudian membuatmu semakin berkemanusiaan.

Banyak orang beragama namun tidak bertuhan. Oleh mereka agama dan Tuhan dijadikan alat kendaraan untuk membangun ambisi popularitas dan kekuasaannya. Yang semestinya dirinyalah alat untuk memperkenalkan wajah kasih sayang Tuhan.

Korbankan dirimu untuk kemuliaan agama dan Tuhan-mu, bukan malah demi kemuliaanmu dan kelompokmu kamu korbankan agama dan Tuhanmu.

Indonesiaku…

Demikian pula dengan politik. banyak orang berpolitik dengan membangun partai. Seharusnya dirimu dan partaimu adalah alat untuk membangun negeri, bangsa dan negaramu. Mengapa banyak orang berpolitik mengorbankan bangsa, negara dan persatuan demi kemakmuran partainya?

Sesungguhnya, jika kamu benar dalam berpikir, berucap, bertindak, dan bersikap dalam keseharianmu kamu sudah menjalankan politik adiluhur, meski kamu tidak dalam suatu partai. Negara lebih membutuhkan tanggungjawabmu sebagai warga daripada aktifitas politik dan agamamu yang mencerai beraikan keutuhan berbangsa dan bernegara.

Salam Indonesia Satu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s