Risalah 46 – Politik Jasmerah

Gandaria, 11 Maret 2016

oleh : eza azerila

IMG-20160315-WA0005

KURSUS POLITIK ADILUHUR

Risalah 46 / Politik Jasmerah

Indonesiaku..

Jangan sekali pun melupakan sejarah. Jasmerah.

Ungkapan ini sering diulang-ulang oleh mendiang Sukarno. ketika terjadi carut-marut perpolitikan bangsa, ungkapan ini muncul kembali agar kita jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Seluruh cerita penghianatan dalam sejarah kehidupan, dimulai ketika sejarah dilupakan. Penghianatan anak terhadap ibunya yang digambarkan dengan sosok malin kundang, disebabkan si anak lupa bahwa sejarah hidupnya bermula dari jerih payah ibunya yg telah mengandung, menyusui, merawat dan mendidiknya sejak dari dalam kandungan.

Penghianatan malin kundang diawali dari si anak melupakan sejarah. Jika saja seorang anak ingat sejarah kelahirannya, dia tidak akan mungkin durhaka pada ibu yg telah mengandung, memelihara, dan merawatnya.

begitu pula dengan penghianatan seseorang terhadap tanah airnya. Penghianatan seseorang terhadap negerinya diawali dari sejak ia melupakan sejarah bahwa ia berasal dari saripati tanah, air, udara, buah, sayur-mayur, beras, ikan dan hasil bumi lainnya, dimana ia tumbuh dan berkembang. Dia berhutang kepada tanah air di mana ia dilahirkan dan dibesarkan.

Seorang yang ingat sejarah pertumbuhan dirinya tak kan mungkin merusak, menjual, dan menggadaikan negerinya. Dia pasti mencintai alam dan lingkungan yang membuat dia peduli dan bertanggungjawab atas kelestarian alam negerinya.

Sila pertama dari dasar ideologi bangsa ini adalah ketuhanan yang Maha Esa, agar bangsa ini tidak melupakan asal usulnya bahwa mereka berasal dari Zat Yang Maha Sempurna. .

Sumber segala kerusakan dimulai sejak manusia melupakan sejarah asal usulnya dari Tuhan. Sekiranya manusia selalu ingat sejarah bahwa asal usulnya dari Tuhan, pastilah mereka akan mengukir sifat-sifat dan kualitas-kualitas luhur ketuhanan yang membuatnya selalu saling mencintai, mengasihi, melayani, menopang, membantu, menolong, dan bermusyawarah.

Korupsi, adu domba, merusak alam, membakar hutan, polusi udara, buang sampah sembarangan, memecah belah bangsa, mengotori dan merusak fasilitas umum, menebar kebencian, mementingkan diri sendiri, keluarga, dan kelompoknya saja, adalah ciri-ciri manusia melupakan sejarah.

Politik adiluhur adalah politik jasmerah. Jangan Sekalikali Melupakan Sejarah.

Salam Jasmerah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s