Risalah 47 – Kriteria Manusia Indonesia

Gandaria, 11 Maret 2016

oleh : eza azerila

IMG-20160315-WA0019

KURSUS POLITIK ADILUHUR PANCASILA

Risalah 47/ Kriteria Manusia Indonesia

Indonesiaku tercinta..

Sesuatu disebut sebagai sesuatu ketika ia memenuhi syarat-syarat, kriteria sifat-sifat, serta kualitas-kualitas karakteristiknya.

Lalu apakah yang disebut Manusia Indonesia? Apakah manusia Indonesia itu yang fisiknya berada di Indonesia? Apakah manusia Indonesia itu yang dapat bertutur kata dalam bahasa Indonesia?

Indonesiaku…

Manusia disebut sebagai manusia adalah karna kemanusiaannya. Kemanusiaan manusia lahir dari rasa ketuhanannya. Nilai-nilai luhur ketuhanan berupa cinta kasih, menyayangi, merawat, memelihara, kemurahan hati hanya dapat diserap oleh mereka yang sempurna akalnya. Spesies flora dan fauna tidak mendapatkan misi luhur ketuhanan karna mereka bergerak atas dasar insting. Insting untuk mengamankan dan menyelamatkan dirinya. Demi kenyamanan dan keselamatan dirinya hewan saling tikam, saling terkam, saling hunjam di antara mereka.

Pancasila dengan butir-butir ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kebijaksanaan dan keadilan hanya dapat direalisasikan oleh manusia sebagai makhluk berakal. Mereka yang tidak berakal tidak mungkin menjalankan visi ketuhanan, misi kemanusiaan, semangat persatuan, suara kebijaksanaan dan wujud keadilan.

Jadi, kriteria manusia Indonesia adalah manusia yang memfungsikan akalnya untuk merealisasikan Pancasila. Binatang ternak, binatang buas, reptil, mamalia, dengan watak-watak mementingkan diri sendiri, saling memangsa, dan saling serang demi kelestarian rasnya, tidak akan sanggup membawa visi misi ketuhanan dan kemanusiaan. Hanya manusia yang dapat merealisasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Indonesiaku, di manapun kamu berada di bumi nusantara, semakin kamu berketuhanan, berkemanusiaan, cinta persatuan, punya cita cita mewujudkan keadilan maka kamu semakin nyata sebagai manusia Indonesia. Jika kamu tidak sanggup menyerap nilai-nilai luhur Pancasila, maka kamu semakin tidak dipercaya oleh Tuhan, dan oleh manusia berakal bahwa kamu manusia.

Apakah kamu manusia Indonesia atau bukan, hanya kamu yang dapat membuktikan, dan di luar dirimu hanya dapat melihat dan menyaksikan. Hidup ini aktualisasi bukan kumpulan klaim dan pengakuan.

Salam untuk Komunitas Manusia Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s