Risalah 51 – Politik Buka_Tutup

Gandaria, 12 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

KURSUS POLITIK ADILUHUR PANCASILA

Risalah 51/Sikap Politik Buka-Tutup

Indonesiaku tercinta..

Politik itu pertama kali terperistiwa di dalam dirimu. Politik itu ialah kesadaranmu yang mana yang mengendalikan dirimu berucap, bertindak, dan bersikap. Terjadi aktifitas pergumulan setiap saat.

Di luar dirimu hanyalah nuansa, hanyalah aksesori, hanyalah pendukung pelengkap, hanyalah bumbu. Sedang kamu terus ada dalam persimpangan, kamu terus ada dalam ruang berpintu yang jika kamu buka bagi yang satu tertutup bagi yang lain, jika kamu menutup bagi yg satu terbuka bagi yang lain. Itulah sikap.

Jika kamu memilih sikap jujur berarti kamu sedang membuka ruang kejujuran dan tertutup ruang pengkhianatan, dan sebaliknya. Saat kamu berlaku benar terturup kesalahan, dan sebaliknya. Saat kamu memilih sikap adil maka tertutup ruang kezaliman, dan sebaliknya.

Indonesiaku..

Hanya kamu yang memegang kunci untuk membuka atau menutup. Ortumu, gurumu, temanmu, buku yg kamu baca, nasihat, statuss
-status yg berkeliar-seliweran, semua hanya mengantar sampai bisik-bisik saja, semua hanya mensupport, atau menahan, atau berkata semoga, mudah-mudahan, amin, hati-hati ya, lanjutkan, dst. Kamulah pada akhirnya yang mengambil keputusan.

Saat kamu melakukan kejahatan maka kamu membuka dunia penderitaan di saat itu juga kamu sedang menutup alam kebahagiaanmu dan kebahagiaan bayak orang.

Kamu yang membuka kamu pula yang menutup. Kamu bebas memilih membuka atau menutup namun kamu terikat dan terperangkap tak bisa lepas dalam hukum sebab akibat. Siapa yang menutup kebahagiaan pasti dia membuka ruang penderitaan bagi dirinya.

Salam Indonesia..!

Indonesiaku..

Jika kamu suka dan juga bercita cita ikut mencerdaskan bangsa tercinta, silahkan bagikan tulisan kami. Dan kami sangat berterimakasih atas kerjasama kebangsaan luhur ini..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s