Risalah 54 – Politik Kepentingan

Cilandak, 14 Maret 2014
Oleh: Eza Azerila

image

Politik Hewani dan Politik Insani

KURSUS POLITIK ADILUHUR

Risalah 54 / Politik Kepentingan

Indonesiaku..

Apakah benar diktum politik itu tak ada yang abadi kecuali kepentingan. Kepentinganlah satu-satunya yg abadi, satu-satunya pengikat, satu-satunya yang harus dibela, satu-satunya yang yang harus dihargai dan menentukan. Kepentingan mengatasi segalanya bahkan ia adalah tuhan jenis baru dalam dunia perpolitikan.

Jawabannya adalah “ya” jika yang dimaksud adalah politik hewan. Demi kepentingan keterjaminan keamanan, kenyamanan, keselamatan, hewan bergerak kesana kemari. Buatlah anjingmu lapar agar ia selalu mengikuti langkahmu. Buat kucingmu setengah lapar dan tunjukkan bahwa di tanganmu ada sekerat daging atau sepotong ikan, ia akan setia membuntutimu.

Bahasa politik hewan tidak jauh dari ungkapan seperti ini : lebih baik menjadi kepala kucing daripada ekor macan. Jangan coba mengkadali aku, aku kan buaya. Mereka adalah domba, kita dapat mengadu domba-domba itu. Musang berbulu ayam. Hati-hati mulutnya berbisa. Dst

Indonesiaku..

Kamu bukan domba yang siap diadu, atau kadal yang suka menipu, atau ular yang berkhianat, atau tikus yang memakan segala dengan cara sembunyi-sembunyi, atau kancil yang meliciki buaya. Bukan.

Kamu adalah manusia. Politikmu politik insani. Politik Adiluhur. Suci. Murni. Kesetiaan. Kebenaran. Kebijaksanaan. Kehormatan. Kejujuran. Cinta. Kasih sayang.

Dalam politik insani, tak ada yang abadi kecuali keadilan, kebenaran, cinta, kemurnian, kemurahan dan kasih sayang. Itulah semua yang menggerakkanmu, yang mengikatmu, yang membuatmu bertanggungjawab.

Ya, politik hanya dua, politik hewan dimana tak ada yang abadi kecuali kepentingan. Dan politik insani dimana tak ada yang abadi kecuali ketuhanan, kemanusiaan, dan kasih sayang.

Salam Kemanusiaan..!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s