Risalah 60 – Politik Real

Gandaria, 16 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Relativisme

KOMANDO
Komunitas Manusia Indonesia
Program Kursus Politik Adiluhur

Suara Komando 60 / Politik Real

Indonesiaku..

Kita hidup di dunia real. Dunia nyata. Dunia terang-benderang. Dirimu itu real, nyata dan terang-benderang.

Apa yang terjadi di luar dirimu hanyalah konsep-konsep berupa penilaian, isu, komentar, tuduhan, dugaan, sangkaan, asumsi, kemungkinan, gurauan, igauan, pencitraan, dsb. Semua itu tidak dapat menyentuh realitas dan kenyataan dirimu yang sebenarnya.

Penilaian buruk pihak manapun tidaklah berlaku sedikitpun jika kamu benar, adil, jujur, baik, peduli, dan bertanggungjawab. Hanya realitas, hanya kenyataan ukiran hidupmu yang paling sah memperlihatkan keapaan dan kesiapaan kamu. Yang lain hanya menemukan sedikit data-data tentang dirimu lalu mengkonsepsikan tentang dirimu dalam citra mental mereka.

Indonesiaku..

Sebaliknya, kamu bisa saja mengundang ratusan wartawan untuk memberitakan tentang betapa baiknya dirimu, namun berita yang paling nyata datang dari pernyataan sikapmu.

Dunia ini tak lepas dari pro dan kontra, dari penilaian sana-sini. Tidak ada manusia yang selalu sepakat dengan dirimu, sebaik apapun kamu dan sejahat apapun kamu, pasti ada yang berpihak dan ada yang tidak berpihak padamu.

Hanya kamu, hanya dirimu, hanya sikapmu, hanya perilakumu, yang paling benar dan paling jujur serta paling nyata memperlihatkan keapaan dan kesiapaan dirimu. Bukan penilaian siapapun, bukan propaganda siapapun, bukan pencitraan siapapun.

Salam Kejujuran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s