Risalah 70 – I love you Indonesia

Gandaria, 16 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Keberuntungan dan Kemenangan

KOMANDO
Komunitas Manusia Indonesia
Kursus Politik Adiluhur

Risalah 70/ Program, Indonesia, I love you!!!

Indonesiaku..

Politik itu adalah kehidupan itu sendiri. Kamu tidak dapat keluar dari gelombang samuderanya. Persoalannya, kamu beruntung atau merugi, dapat mengatasi gelombang pasang surutnya atau tenggelam terseret amukan ombaknya.

Politik adalah bagaimana kamu menyikapi hidupmu, apakah kamu memprogram atau diprogram, mengendalikan atau dikendalikan, menjadi subjek atau objek, menjadi lokomotif atau gerbong, berkorban atau jadi korban, menjadi sebab atau akibat. Itu saja.

Indonesiaku..

Politik itu bukan soal menang kalah, tapi soal beruntung atau merugi. Sepanjang sejarah manusia banyak yang menang di arena politik tapi mereka merugi. Dan tidak sedikit mereka yang kalah tapi mereka beruntung.

Jika sikap politikmu hanya jangka pendek, hanya utk popularitas, memegang kendali kekuasaan, membangun kesejahteraan diri dan keluarga, dan kamu meraihnya dg berbagai cara, tricky, menggembosi, sogok-mentohok, memanipulasi, intrik, menghalalkan segala cara, kamu bisa menang dan melesat naik ke puncak popularitas dan kekuasaan.

Tapi dengan cara itu kamu merugi karena telah merendahkan nilai dirimu. Sejarah mencatatmu sebagai pecundang, curang, pedagang kebenaran dengan semurah-murahnya, menghancurkan marwah dan mempermalukan keturunanmu. Betapa malangnya kedua orangtua yang melahirkanmu.

Atau kamu bersikap teguh, senantiasa berpihak dan berpijak pada kebenaran, keadilan, kejujuran, ketuhanan, kemanusiaan, perjuangan dan pengorbanan , bisa jadi kamu dikalahkan oleh mereka yang curang, tetapi kamu beruntung karena dirimu begitu luarbiasa, tak ternilai, tak terbeli, mengagumkan, menghidupkan semangat mereka yang datang setelahmu. Kamu dikenang oleh sejarah manusia dan kemanusiaan sebagai martyr, sebagai pahlawan. Bukan hanya membuat anak cucumu bangga tapi membuat Tuhan, dan para pecinta kemanusiaan menaruh hormat pada ketangguhanmu.

Indonesiaku..

Soekarno, Gandi, Che Guevara, Bunda Teresa, Bung Tomo, Cut Nyak Dien, adalah orang orang kalah yang beruntung. Dan di sana banyak mereka yang sepanjang kekuasaannya berbuat menindas, menyengsarakan, mereka menang tapi merugi dan rasanya lidah ini tak ingin menyebut nama-nama mereka. Ketika nama mereka disebut tiba-tiba bau bangkai memenuhi alam jagad raya.

Salam Keberuntungan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s