Risalah 71 – Politik Golongan

Gandaria, 16 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Musik Pancasila

KURSUS POLITIK ADILUHUR

Risalah 71 / Politik Golongan

Indonesiaku..

Politik isu hanyalah soal keberpihakan, soal pihak-memihak. Keberpihakan hanya di antara dua pilihan terhadap kebenaran atau kejahatan, keadilan atau kezaliman, persatuan atau perpecahan. Bukan keberpihakan pada sosok si A atau si B, pada kelompok A atau kelompok B, C, D dst.

Jikapun harus berpihak pada sosok tertentu karena sosok tersebut berpihak dan berpijak pada kebenaran. Tugasmu hanyalah mengenal kriteria dan ciri-ciri kebenaran, dan setelah itu kamu berpihak dan menjadi pendukung dan pembelanya. Ini yang disebut kemerdekaan.

Dengan sikap seperti ini, maka kamu tak akan menjual suaramu pada siapapun dengan harga berapapun. Kamu bertanggungjawab penuh pada kesadaran ketuhanan dan kemanusiaanmu.

Indonesiaku..

Jikapun kamu harus masuk dalam satu golongan, maka golongan itu adalah himpunan manusia-manusia yang berorientasi pada ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kedamaian, kebijaksanaan, cinta dan kasih sayang. Dengan sikap ini artinya kamu sudah menjiwai Politik Adiluhur. Politik Insani. Poltik Kemerdekaan. Politik Ketuhanan. Politik Agung. Politik yang membuatmu selalu dalam keberuntungan.

Indonesiaku..

Berpihak pada kebenaran lebih hebat daripada berpihak pada siapapun. Jangan berpikir aku akan mendukung tokoh anu, tapi bebuatlah kebenaran sehingga tokoh-tokoh yang hebat berpihak padamu, pada kebenaranmu. Dengan sikap ini, kamu menjadi subjek politik bukan objek. Kamu menjadi sebab bukan akibat. Kamu menjadi lokomotif bukan gerbong. Kamu memprogram bukan diprogram. Kamu menjadi nyata yang darinya tercipta bayangan. Dan kamu menciptakan musik kebenaran dimana setiap orang menari mengikuti iramamu.

Indonesiaku..

Tak ada musik yang lebih indah daripada musik ketuhanan, kemanusiaan, cinta dan kasih sayang. Ayo ciptakan dan mainkan!!!?

Salam Keindahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s