Risalah 72 – Politik Kausalitas (Sebab-Akibat)

Gandaria, 16 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

KOMMANDOKomunitas Manusia Indonesia

Suara Kommando 72 / Politik Sebab Akibat

Kommando tercinta..

Alam ini berperistiwa mengikuti hukum sebab akibat. Hukum kausal ini serba pasti. Ketika syarat-syarat untuk terjadinya sesuatu sudah terpenuhi secara sempurna, maka dengan niscaya, terjadilah peristiwa itu. Jika syarat-syarat keberhasilan sudah kamu penuhi yang terjadi adalah keberhasilan. Jika kegagalan yang terjadi dapat dipastikan karena syarat-syarat kegagalan sudah lengkap sehingga terjadi kegagalan.

Waw!! Indonesia kini sudah dikuasai asing. Jangan salahkan siapa-siapa, lebih baik kita introspeksi dan evaluasi mengapa kita kalah bersaing secara politik, ekonomi dan penguasaan SDM serta SDA.

Alam hanya berpihak pada hukum pastinya. Mereka yang disiplin, ulet, kerja keras, saling percaya, kompak, bersatu, komitmen, lebih kuat dan lebih produktif daripada mereka yang bodoh, berpecah-belah, tidak saling percaya, dan tidak disiplin.

Mengapa suatu bangsa terjajah? Karena bangsa tersebut menyiapkan dirinya untukk dijajah. Bukankah kebodohan, kelemahan, ketidakdisiplinan, mudah diadu-domba, berarti bangsa tersebut sedang mengucapkan ” silahkan jajah kami.. “.

Bangsa yang kecakapannya hanya ribut, saling caci, tidak punya sikap tegas, tidak setia pada ketuhanan dan kemanusiaan, tidak punya semangat persatuan, tidak punya integritas, tidak peduli pada masa depan, tidak punya cita-cita luhur, tidak punya tanggungjawab kebangsaan, tidak mau berjuang dan berkorban, mana mungkin menjadi bangsa yang hebat.

Kamu masih punya waktu untuk menjadi hebat. Penuhi saja syarat-syarat kehebatan maka kamu menjadi hebat. Jika tidak juga, berarti alam sedang mengatakan kamu masih harus bekerja keras untuk memenuhi syarat-syarat kehebatan itu.

Jika kamu tak pandai menari, jangan bumi dibilang berputar. Stop menyalahkan siapapun, evaluasi saja dan perbaiki sikapmu maka kamu dapat mengubah kemunduran menjadi kemajuan.

Salam Kejujuran..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s