Produk Peradaban

Gandaria, 23 Maret 16
Oleh: Eza Azerila

image

Pancasila akan membawa Indonesia meraih Kejayaannya kembali.

Produk Peradaban Pancasila

Indonesiaku..

Peradaban Katulsitiwa pernah melahirkan satu produk nyata dan produk satu ini mengguncang perpolitikan Timur dan Barat.

Dia lahir awal abad dua puluh, pertengahan tahun 1901. Pada tahun 1945 , di usianya yang sangat belia 44 tahun, dia melesat bagai meteor membelalakkan dunia Timur dan Barat. Namanya Soekarno.

Kebesaran Sukarno bukan karena dia berasal dari Bali, atau berdarah Makasar atau dididik di sekolah Belanda atau apalah-apalah hemm..
Soekarno dilahirkan dan dibesarkan oleh kecerdasan atau peradaban Khatulistiwa. Produk peradaban yang satu ini begitu fenomenal. Amerika terkejut. PBB terperanjat. Timur terperangah. Asia Afrika menemukan kepercayaan diri. Katulistiwa tersanjung.

Aku bukan memuji Sukarno. Aku bukan Soekarnois. Akalku mengatakan bahwa Sukarno itu produk. Soekarno itu akibat.

Aku lebih mengamati sisi sebabnya, sisi produsennya, sisi pabrikasinya. O, ternyata nilai-nilai Pancasila yang melahirkan Soekarno dan baru kemudian Soekarno merumuskan Pancasila menjadi formula yang terkonsepsikan..

Yang ingin aku sampaikan adalah betapa hebatnya ideologi luhur Pancasila. Dalam waktu teramat singkat, ketika seseorang mengukir kepancasilaan dalam hidupnya, maka dia dapat melesat ke langit dan melesat turun ke bumi.

Sebagaimana kehebatan Sukarno ketika dia menguat dengan Pancasilanya, kejatuhannya pun ketika dia meninggalkan Pancasila. Saat dia mengatakan di PBB, ” Forth, d e m o c r a c y “!!

Semangat musyawarah dan gotong royong yang diteriakkan Soekarno yang bersumber dari nilai ketuhanan dan kemanusiaan membuatnya menguat, dan pidatonya di PBB ketika dia menerjemahkan sila keempat dengan democracy itu yang menjungkalkannya.

Believe it or not…!!!

Soekarno sudah tiada namun sesuatu yang darinya terlahir Sukarno masih ada dan masih tetap akan melahirkan sukarno sukarno yang lebih hebat sepanjang masa. Awalnya dunia yang takut dengan kebangkitan peradaban khatulistiwa menjungkalkan Soekarno dan kemudian masih dalam upaya mereka tengah menghancurkan pabriknya, yaitulah Pancasila.

Selamat Datang Generasi Pancasila
Selamat Tinggal Generasi Ciptaan Barat dan Timur

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s