Warisan Leluhur Kita

Gandaria, 17 Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image

Aktualisasi lalu Eksistensialis

KOMANDO
Komunitas Manusia Indonesia
Kursus Politik Adiluhur

Program
Aku Cinta Banget Indonesia

Komando tercinta..

Nilai-nilai luhur pancasila pada hakikatnya menggambarkan warisan kecerdasan leluhur dari nenek moyang bangsa Indonesia. Sejak ratusan tahun yang lalu nenek moyang bangsa ini telah membangun peradaban dunia berbasis pada lima kecerdasan yang terdapat di dalam diri. Peradaban yang mereka bangun bersifat abadi baik dari segi makna maupun monumen fisiknya. Mereka membangun peradaban bukan hanya sebatas basis kecerdasan spiritual atau rasional, namun berbasis pada kecerdasan spiritual dan rasionalnya secara bersamaan.

Meskipun bakat-bakat kecerdasan yang tersedia di dalam diri manusia secara potensi sama antara yang di Barat, di Timur, dan di Nusantara, namun fenomena menunjukkan bahwa masing-masing wilayah berbeda dalam mengolah dan mengelola bakat-bakat kecerdasan tersebut. Merupakan berita gembira, bahwa bangsa ini mewarisi genetika bakat-bakat yang dikelola secara paripurna oleh para leluhurnya. Fenomena ini memberi petunjuk sangat jelas bahwa bangsa ini memiliki bakat luar biasa bila kembali pada cara mengolah bakat-bakat kecerdasannya seperti yang dilakukan oleh para leluhurnya.

Keunggulan manusia diukur dengan seberapa optimal ia mengoperasikan bakat-bakat kecerdasan yang tersedia di dalam dirinya. Tergiur dengan konsep-konsep dan ukuran-ukuran kecerdasan yang berasal dari Barat dan Timur, bangsa ini telah meninggalkan warisan para leluhurnya yang begitu cemerlang, berupa konsep-konsep dan ukuran-ukuran berupa nilai-nilai dan budaya-budaya luhur.

image

Pancasila is Real Commandement to us.

Selama bangsa berbakat hebat ini masih mengikuti konsep-konsep dan ukuran-ukuran Barat yang pusat perhatiannya pada sebatas pemenuhan materi maka selama itu pula bangsa ini disebut sebagai bangsa terbelakang artinya secara kemajuan materi berada di belakang mereka. Namun, jika bangsa ini berani memakai ukuran nilai yang bersumber dari konsep nilai leluhur mereka berupa nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, hikmat kebijaksanaan, dan keadilan, maka posisi kualitasnya akan menjadi terbalik, dunia Baratlah yang berada di belakang atau terbelakang.

Salam Komando
Salam Kedamaian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s