Lukisan Tak Ternilai

Oleh: Eza Azerila

image

Lukisan Nusantara

Lukisan Tak Ternilai

Leluhurmu mewariskan kepadamu pusaka berupa lukisan. Lukisan itu tak ternilai oleh apa pun. Kamu letakkan dia di dinding ruang tamumu. Setiap hari kamu terpesona memandangnya. Sampailah rasa bosan menguasaimu. Kamupun tak pernah mau menoleh dan memandangnya lagi.

Suatu ketika ada turis asing yang sangat mengerti pusaka tak ternilai itu. Dengan licik esok harinya diam-diam dia membawa lukisan yang dibuat oleh mesin secara massal. Berwarna warni. Bergambar dollar di sana-sini. Turis itu mengatakan bahwa lukisan yang dibawanya itu dibuat oleh mesin modern. Dan karna dia melihat kamu begitu tertarik, akhirnya dia memintamu untuk barter. Dan barterpun terjadi. Kini kamu memiliki lukisan bergambar dollar bertaburan. Dan turis memiliki lukisan pusaka bergambar Garuda terbang mengangkasa.

Suatu ketika ke rumahmu datang tamu dari Hindia yang dulu pernah datang memuji keindahan lukisan warisan leluhurmu. Seniman India itu datang dari jauh rindu ingin melihat keantikan dan keindahan lukisan pusaka dari leluhurmu.

Ternyata seniman India itu hanya melihat di dinding ruang tamumu lukisan tak berharga. Lukisan yang dapat dibeli di sembarang toko. Ketika dia mendengar ceritamu bahwa kamu telah membarternya, Sang Seniman pingsan. Dia pingsan menyaksikan kedunguanmu menukar nilai ketuhanan dengan kesetanan.

Pancasila Saktimu itu pusaka leluhur tak ternilai. Jika kamu tau nilainya kamu tak akan menukarnya dengan ideologi materialisme abal abal bergambar dolar.

Semoga para pemimpin bangsa ini masih cerdas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s