Senang, Gembira, Bahagia

Oleh: Eza Azerila

image

Syukur dan Bahagia

Senang, gembira, bahagia

Indonesiaku..

Dalam suasana konkow tentang kebangsaan, ada terlontar dari salah seorang kawan sambil tertawa, ” alangkah bahagianya aku hari ini!? “. Katanya.

O itu bukan bahagia, kamu sedang gembira. Kataku

Maksudnya..? Apa perbedaan rasa senang, gembira, dan bahagia bung Eza Azerila..?

Sulit juga ya membahasakannya. Karna rasa hanya dapat dialami. Tidak dapat dibahasakan dengan definisi dan kata-kata. Tapi, sebagai ilustrasi mungkin begini. Ini hanya untuk mendekatkan pengertian aja. Ujungnya yang penting seneng, gembira, dan bahagia sendiri-sendiri. Alami sendiri.

Misalnya, kamu di padang terik sahara kehabisan air minum. Haus mencekikmu sedemikian rupa. Tenggorokanmu kering, tubuhmu sempoyongan. Tiba-tiba kamu bertemu dengan seseorang, orang itu mengatakan bahwa dia baru saja dari oase dan dia menunjukkan arah lokasi oase itu.

Nah, saat itu pasti kamu sangat senang. Senang dapat berita. Kamu segera berlari ke arah oase ( hhh, jangan lupa donk terimakasih sama yang beritau, hemm..)

Sesampai di lokasi, ternyata benar kamu menemukan oase itu. Lalu, spontan kamu berteriak.., ” horeee, akhirnya aku menemukanmu aiiiiirrr.., ”

Itu namanya kamu gembira. Antara dirimu dan sesuatu yang kamu inginkan sudah begitu dekat, namun masih berjarak. Kamu tumpahkan dan expresikan kegembiraanmu dengan kata-kata “aku sangat gembira”. At that moment, You are so exited !!

Lalu, ketika kamu menciduk air jernihnya, dan kamu berendam menyegarkan tubuhmu di tepiannya, saat itu kamu bahagia. Tak ada lagi bahasa yang meluap-lupa. Yang ada hanya bahwa kamu tenggelam dalam samudra kebahagiaan. Kata, kalimat, status, bahasa sudah tak mampu lagi menjelaskannya. Antara kamu dan kebahagiaan sudah identik, satu dan sama. Kamu adalah bahagia dan bahagia adalah dirimu. Itu namanya bahagia.

Kadang di kesulitan seseorang menemukan kebahagiaannya. Dan tidak sedikit oramg menemukan kesulitan dalam kesenangannya.

Lebih baik kamu bahagia yang karenanya kamu bersyukur, meskipun baik juga kamu bersyukur karena kamu bahagia.., hmm

Bahagia itu mudah
Hanya dirimu yang mengalaminya…
Tak seorangpun dapat mengukur kebahagiaan orang lain..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s