Politik Cinta

Oleh: Eza Azerila

image

Politik itu Suci, seperti Cinta

Politik Cinta

Hehhh, ada-ada aja. Gara-gara sering nulis cinta, ideologi cinta, mentalitas cinta, yang ada hanya cinta, tanpa cinta jangan cerita, eh ada yang inbox gini :

” Salam KC. Eza Azerila.., selamat beraktifitas.. “.

Eza jawab sambil nanya, “Walekum salam. KC di depan nama Eza itu apa ya…??!

Dia jawab, ” Biasanya kan KH Kiai Hajji, KH sudah kebanyakan, buat Eza KC ajah, Kiai cinta, kan cerita tulisannya tentang cinta mulu.., “

Jadi untuk seterusnya, katanya, siapapun yang bicara agama dengan semangat cinta, membangun persaudaraan, menguatkan persatuan berbangsa kita sematkan di depan namanya KC bukan KH. Biar bermunculan orang-orang relijius yang bicaranya menyejukkan.., “

Hmmmm, mulai dah. Tapi nyentrik juga tuh. Ada sertifikat halalnya gak nihh.” Kataku

“haaaa… “. Jawabnya langsung kabur gak bertanggungjawabb…., hmmm

Indonecintaku…

Sebenarnya politik itu adalah kehadiran cinta. Politik itu seni mengelola hubungan dengan cinta. Politic is love. Politic is an art. It is an art to make your communication with love.

Kegiatan mengelola manusia tanpa cinta itu bukan politik namanya tapi intrik. Politik selalu suci karena dia adalah kehadiran cinta.

Politik itu mencerahkan. Mendamaikan. Mengindahkan. Menyejukkan. Menyatukan. Menyejahterakan. Dan membahagiakan. Saling telikung, saling tikam dari belakang, saling hantam, berujung perpecahan, dan penderitaan itu kegagalan politik dan itu bukan politik, itu intrik yang diberi nama politik.

Bukalah Google dan cari apa arti politik secara etimologi maupun makna definisinya. Meskipun kamu temukan ratusan definisi tentang apa itu politik, maka yang ratusan itu jika diperas hanya tinggal intinya begini, ” Politik adalah seni mengelola manusia oleh manusia demi mencapai kedamaian, kesejahteraan, dan kebahagiaan bersama”.

Mengapa politik berubah menjadi kegiatan Intrik?

Karena para pemain intrik melompat langsung kepada objek pengelolaan di luar dirinya. Mereka lupa bahwa dirinya sendiri adalah manusia yang butuh seni pengelolaan agar menjadi harmoni dan bahagia.

Langkah politik dimulai dari perebutan kekuasaan di zona wilayah pemerintahan diri sendiri. Seni mengelola dan membahagiakan diri sendiri. Di dalam dirimu setiap saat sedang terjadi perebutan kekuasaan antara kesadaran nurani dan keganasan birahi, antara kekuatan cinta dan dorongan kepentingan, antara ketuhananmu dan kesetananmu, antara kemalaikatanmu dengan kebuasan kehewananmu.

Jika kesadaran ketuhanan, kecemerlangan akal nurani, kekuatan cinta dapat ambil alih pemerintahan di wilayah kerajaan dirimu maka pemerintahan dirimu menjadi negara penuh keharmonisan dibawah pemerintahan cinta. Dan kamupun menjadi damai dan bahagia.

Dengan dirimu yang bercahaya cinta itulah baru kemudian kamu melangkah ke urutan langkah politik selanjutnya ke masyarakat lingkungan terdekatmu, politik di wilayah keluarga, lalu meluas menjangkau wilayah-wilayah selanjutnya dimana cintamu semakin menguat cahayanya. Terciptalah hubungan harmonis antara dirimu dengan masyarakatmu, hubungan dimana kamu mencintai dan dicintai, menyayangi dan disayangi, melayani dan dilayani, bahagia dan membahagiakan, damai dan mendamaikan.

Eza selalu bilang bahwa nampaknya saja para pelaku intrik itu senyam-senyum padahal perpecahan ini adalah proyeksi dari ketidakharmonisan dalam diri para praktisi intrik. Segala realita menciptakan bayangan. Cermin tidak pernah berdusta. Senyum kamu senyum pula cerminanmu. Manyun kamu manyun pula cerminanmu.

Masyarakat adalah cerminan para pemimpinnya. Para pemimpin adalah cerminan diri batinnya.

Indonecintaku..

Banyak orang takut dengan dunia poltik. Kata mereka politik itu kotor, kejam, hitam, raja tega. Padahal itu bukan politik. Itu intrik yang diberi nama politik.

Kawan, bahkan setiap tarikan dan hembusan nafasmu adalah aktifitas politik di zona wilayah pemerintahan dirimu..
Mengapa banyak korban politik karena mereka tidak mengerti politik. Jika kamu mengerti apa hakikat politik sebenarnya,,
kamu tidak akan pernah melihat kekacauan di negeri ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s