SUKARNO GAK HEBAT!!!

Sukarno gak Hebat !!!

Oleh: Eza Azerila

soekarno-quotes-2
Suatu ketika di depan beberapa mahasiswa yang sedang puja puji Sukarno tiba-tiba aku bilang gini, ” Menurutku Sukarno ga hebat tuh.. “.

Mendengar pernyataanku semua pada mereaksi. Padahal mereka mahasiswa. Harusnya bukan mereaksi tapi meminta pertanggunganjawab Eza atas alasan apa pernyataan itu dibangun.

Mereka malah semakin rame memujamuji kehebatan Sukarno begini dan begitu sampe keluar urat kawat di leher. Dan kecapean. “Lalu apa alasan Anda mengatakan Sukarno ga hebat?” Akhirnya mereka ingin mendengarkan juga pernyataan Eza yang berhasil menarik perhatian. Cuma mau menarik perhatian.

Ya, Sukarno g hebat. Yang hebat itu nilai nilai dan kualitas kualitas luhur Pancasila yg terukir menjadi karakter. Jika nilai-nilai dan kualitas kualitas luhur ketuhanan, kemanusiaan, kebijaksanaan, keadilan terukir pada seorang manusia, maka manusia itu menjadi hebat mau namanya Sukarno, Rahmat, Ujang, Tono atau siapapun. Yang hebat bukan Sukarno. Tapi ukirannya, tapi nilai yang terukir di dirinya. Banyak orang namanya Sukarno tapi karena tidak ada nilai luhur Pancasila di dirinya maka dia ga hebat.

Selama cara berpikirmu seperti ini yg terjadi adalah figurisme, Sukarno hanya jadi Idol. Semestinya yang digali mahasiswa adalah bagaimana sehingga di dalam diri para aktifis terukir nilai dan kualitas ketuhanan dan kemanusiaan sehingga setiap mahasiswa menjadi seperti Sukarno. Menjadi duplikat-duplikat Sukarno. Menjadi sukarno-sukarno penerus. Tidak berhenti hanya sampai memuji dan mengidolakan Sukarno. Aku yakin seyakin yakinnya Sukarno lebih suka dirinya diduplikasi daripada dipuji dan diidolakan.

Jadi kalo Sukarno mengatakan Aku titip bangsa ini kepadamu, apakah “kepadaMU” yg dimaksud adalah para pemujinya atau para duplikatornya?

Bukan mereka yang hanya mengidolakan Sukarno. Bukan!?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s