Di Dunia Ini Hanya Dihuni Dua Orang

Di Dunia Ini Hanya Dihuni Dua Orang

Oleh: Eza Azerila

PhotoGrid_1460130834312[1].jpg

Politik Pemerintahan Diri

Sebenarnya, dunia ini cuma dihuni dua orang aja. Kataku di suatu obrolan
Gak. Sensus terakhir dunia sudah dihuni melampaui 6 miliar . Kata mereka

Iya, selebihnya yang miliaran itu ya teman-teman dari salah satu yang dua orang ini. Kataku

Dua org itu adalah Mr. Focusout dan Mr. Focusin. Terserah kamu mau berteman kepada yang mana.

Mr. Focusout itu orangnya sibuk gak karuan. Sibuk terhadap segala sesuatu yang di luar dirinya. Sibuk dengan melihat, mengamati, dan menilai yang bukan urusannya. Dia sibuk dengan program yang diciptakan terhadap dirinya. Dia tidak punya program sendiri. Dia pasif tidak aktif. Diprogram, dikendalikan, dikelola, dimainkan, digiring, bukan memprogram, mengendalikan, mengelola.

Dia ambil posisi hidup sebagai objek bukan subjek. Akibat bukan sebab. Dia penari, mengikuti irama musik yang disediakan baginya. Dia jadi gerbong yang siap ditarik ke sana dan ke sonoan dikit. Dia membicarakan program program orang lupa membuat program bagi dirinya. Dia sibuk habis. Semua hal dilakukannya kecuali yang penting.

Dia sibuk menilai sesat dan tidak peduli pada dirinya yang lebih sesat. Semua yg dilihat dalam hidup ini hanya problem. Dia tidak berorientasi pada solusi, tidak pada rencana what next, tidak pula pada kontribusi hidup. Umurnya habis dan ternyata tak ada yg dibangunnya kecuali kesia-siaan.

Selama ini dia hanya sibuk dengan pola exteriorization. Reaktif disebabkan sangat posesif dan luar biasa protektif terhadap segala sesuatu yang diklaim sebagai miliknya. Bahkan Tuhan dan agamanya pun dianggap sebagai miliknya yang harus dilindungi oleh sikap reaktifnya.

Kalo Mr. Focusin itu orangnya berorientasi ke dalam dirinya. Perhatiannya kepada peningkatan dirinya. Klo kata temanku Mohammad Subhi Ibrahim dia melakukan interiorization. Dia sibuk mengukir nilai-nilai luhur kedalam dirinya. Isu hidupnya adalah nilai-nilai permanent ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, kehormatan, keindahan, cinta kasih yang membuatnya menjadi damai dan bijak. Itulah program sekaligus orientasinya dalam hidupnya..

Mr. Focusin ini memprogram dirinya sedemikian rupa dengan nilai-nilai luhur itu sehingga dia rela mengorbankan segala sesuatu yg dimilikinya untuk tujuan tujuannya itu. Hidupnya aktif tidak pasif. Memprogram tidak diprogram. Dia sibuk memprogram hidupnya sehingga dia tidak dalam posisi diprogram.

Dia selalu ambil posisi sebagai subjek bukan objek. Posisi sebab bukan akibat. Lokomotif bukan gerbong. Trend setter. Dia sibuk menciptakan musik yang indah, bukan sibuk menari dari musik yang tidak dikenalnya. Musiknya ya musik ketuhanan dan kemanusiaan itu. Waktunya sibuk memprogram tidak memberi ruang untuk diprogram.

Dengan program hidupnya itu dia tidak terkena sihir, tidak terwarnai. Dia beroriantasi solusi. Setiap ada masalah dia tidak sibuk tenggelam membicarakan kenapa masalah itu terjadi tapi what next?, apa dan bagaimana sehingga problem berganti menjadi solusi. Dia sibuk berkontribusi pada akhirnya. Dia malas, tidak melakukan apa apa kecuali yang penting, yang membawa manfaat.

Dengan kepribadiannya itu dia menjadi sangat merdeka. Dia tidak dapat dikendalikan bahkan oleh ilusi-ilusi dirinya. Dengan orientasi hidupnya itu dia aktif tidak pasif. Dia responsif tidak reaktif. Dia progresif tidak regresif. Dia produktif tidak stagnan. Dia kreatif tidak mati gaya. Lambat tapi pasti dia sedang membangun suatu bangunan yang kokoh dengan fondasi yang mencengkram kuat yang mendasarinya.

Setiap harinya Mr. Focusin merawat tongkat yang diwarisinya dari Musa..

Dalam pikiran Mr. Focusin isu sukarno vs suharto, sby vs mega, dll itu sudah jadi masalalu bukan masalague. Hmm
Mr. Focusin, where are you?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s