Kebebasan atau Kemerdekaan??

Kebebasan atau Kemerdekaan??

Oleh: Eza Azerila

13062421_1158569294162157_2227102204878623899_n

 

Sama aja mau kebebasan berekspresi ato kemerdekaan berekspresi tergantung konteksnya. Kata Rio. Ya, kemerdekaanlah. Kata bung Raden Robby..

Nanti kita tanya pendapat bung Jajang Jahroni,, bung Mohammad Subhi Ibrahim, bung Abrahami. Mereka punya otoritas akademis. Dan tentu bungDenny Siregar dengan tinjauan akopimisnya. Hmmm

Apakah pemilihan kata merdeka oleh para founding fathers bangsa ini tidak ada maknanya? Ada apa mereka lebih memklih kata merdeka, dan kemerdekaan daripada bebas dan kebebasan? Proklamasi Kemerdekaan bukan kebebasan.. ?

Bebas. Free. Kebebasan. Freedom. Merdeka. Independent. Kemerdekaan. Independency. Beda kata. Beda makna. Beda efek psikologis dan efek sosialnya.

Bebas itu biasanya tak terikat nilai. Bebas aturan. Bebas hukum. Bebas norm dan form.

Dan kata bebas seringkali dikaitkan dengan hewan. Akhirnya tikus itu terbebas dari cengkraman kucing. Burung itu begitu bebasnya terbang ke angkasa.

Kata bebas sering disebut sebagai keterlepasan dari nilai hukum ,norma dan tanggungjawab. Seks bebas. Pergaulan bebas. Kebebasan ekspresi. Kebebasan seni. Kebebasan berpendapat.

Singkatnya, kata bebas lebih dikaitkan sebagai makna keterlepasan dari segala ikatan hukum, norma, aturan, dan tanggungjawab.

Merdeka

Kata merdeka berasal dari kata mahardika. Mahardika berarti tidak berada dalam kendali pihak luar dan tidak pula dalam kendali dorongan naluri hewan yang terdapat dalam diri manusia. Orang merdeka adalah orang yang hanya berorientasi pada nilai ketuhanan, kebenaran, keadilan, keindahan, cinta dan kasih sayang. Orang merdeka hanya berpijak dan berpihak pada kebenaran dan keadilan baik itu dalam ucapan dan tindakan.

Kemerdekaan sangat terkait dengan nilai luhur, dengan nilai cinta, dengan nilai kebenaran dan tanggungjawab.

Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, artinya dipersilahkan kepada setiap warga bangsa untuk menyuarakan pendapat, untuk berekspresi namun semuanya harus dalam semangat kemerdekaan. Harus punya nilai tanggungjawab ilmiah, sosial, politik, ideologi, psikologi, dan ekologi.
Pancasila, dengan nilai-nilai luhur ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, kebijaksanaan, dan keadilan. Sangat sejalan dengan pilihan kata “kemerdekaan, ” , independency, istiqlaal. Sementara demokratisme sejalan dengan jiwa kebebasan. Freedom. Hurriyyah.
Apakah nilai nilai Pancasila satu paket dengan kemerdekaan atau kebebasan ? Di antara kemerdekaan dan kebebasan, manakah yang lebih pantas sebagai anak sah ideologi Pancasila ? Apakah para pendiri bangsa menginginkan bangsa ini sebagai bangsa yang bebas atau bangsa merdeka? Jika hanya sebatas kebebasan mengapa kita masih bicara nilai yang ideal? Bukankah keinnginan mencapai cita-cita mulia adalah identik denag cita-cita kemerdekaan ?

13006735_1158565510829202_1055500376217467173_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s