Orang Apa Manusia???

Orang Apa Manusia???

Oleh: Eza Azerila

13006735_1158565510829202_1055500376217467173_n

Kenapa sih dalam sila ke-2 kok disebut kemanusiaan ya bukan keorangan. Apa sih perbedaannya. Tanya seseorang kepadaku

Orang dan manusia itu beti, beda tipis. Kataku

Semua manusia yang jadi nabi, resi, orang suci, pahlawan itu orang. Kenapa? Ya mereka disebut orang karena ada fisik biologisnya yang punya nyawa dan insting atau naluri. Kalo belum makan dia lapar trus bergerak cari makan. Kalo belum minum dia haus trus bergerak cari minum. Kalo kebanyakan kerja otot dia lelah trus bergerak cari suasana relaks.

Bicara orang ya bicara lebih pada urusan fisik biologis plus insting mempertahankan diri. Agar tetap hidup dia perlu makan, minum. Untuk mempertahankan sejarahnya dia mencari cara dan teknik berkembang biak. Jika sudah terpenuhi kebutuhan dasar makan, minim, aman, dan nyaman. Dia sudah memenuhi syarat syarat komplit untuk disebut sebagai orang.

Makanya klo gak punya nyawa dan tidak dapat bergerak hanya punya sosok bentuk disebut orang-orangan. Yang gak punya kewajaran disebut orang gila. Dan karena punya bentuk, punya nyawa, punya isting untuk mencari makan, minum dan berkembang biak tinggalnya di hutan dan tidak minum jamu maka disebut orang utan. Coba dia minum jamu kan jd orang pintar. Lama-lama jd mintarin org. Hmmmm..

Klo manusia !!????

Manusia itu biasanya dihubungkan dengan kejiwaan, dengan psikologi, dengan kesadaran, dengan spiritualitas. Baik itu bernilai positif atau negatif. Tapi biasanya kecenderungannya ke positif. Kalo ke nilai kejiwaan negatif dan minus ditarik ke posisi orang.

Dari segi biologis para nabi, para resi, para wali, semua adalah orang. Karena mereka lapar yang karenanya butuh makan, mereka haus yang karenanya butuh minum, mereka letih yang karenanya butuh istirahat. Tapi dari sisi kejiwaan, dari sektor spiritualitas, dari aspek spiritualitas dan ruhani yang diukirnya mereka menjadi manusia unggul. Jadi manusia itu berasal dari orang orang yang memproses pembentukan dirinya sedemikian rupa sehingga dia mendapat status manusia. Makanya ada yang bilang lebih mudah jadi orang kaya, orang terkenal, orang berkuasa, orang punya jabatan, orang berilmu daripada jadi manusia.
Sifat kemanusiaan hanya dapat diukir oleh manusia-mausia yang focus in. Berorientasi ke dalam dirinya. Interiorisation. Mereka focus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur ketuhanan dengan kesungguhan dan berketerusan sehingga nilai-nilai kebenaran, keadilan, kebijaksanaan, keindahan, cinta kasih menjadi eksistensi dirinya. Pancasila sebenarnya bervisi agar bagaimana setiap orang Indonesia menjadi manusia Indonesia. Dan manusia-manusia Indonesia tersebut natinya akan dipimpin oleh yang paling manusia di antara mereka.

Orang Indonesia sekarang berjumlah sekitar 275 juta, ada orang kayanya, ada orang miskinnya, ada orang pintarnya ada orang bodohnya ada orang beragamanya ada orang terkenalnya ada orang berilmunya. Nah, di antara 275 juta itu semoga ada manusianya. Paling tidak kita punya cita-cita jadi manusia.

Memang Pancasila ini hebbatttt. Untuk sampe sila kedua saja orang Indonesia harus punya kesungguhan bercita-cita menjadi kemanusiaan yang adil dan beradab.

Dengan katagorisasi ini kita jadi lebih humble dan tidak mentang-mentang paling pancasilais, paling bertuhan, paling beragama. Kita sekarang baru jadi orang Indonesia menuju untuk jadi manusia Indonesia. Sama-sama level orang bertuhan, orang beragama, orang berpancasila jangan mengklaim paling berhak atas negri ini. Maluuuuu!!

Kalo hapal-butir butir pancasila dan mengkicaukannya itu bukan tugas manusia Indonesia, cukup beri tugas kepada burung beo pasti dia bisa!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s