Aku dan Kami

Aku dan Kami

 

13077274_1159072360778517_392718545_n.jpg

 

Ada yang bertanya mengapa kadang Tuhan berkata Aku dan kadang Kami. Bukankah Tuhan Maha Esa. Bukankah kata Kami menunjukkan himpunan?

” Akulah Tuhanmu maka mengabdilah padaKu. ”

” Kamilah yang memberi rizki pada kalian dan juga pada anak-anak kalian. ”

Kawan, ketika Tuhan berkata ” Aku ” saat itu seolah Tuhan sedang mengatakan bahwa tidak ada yang lebih agung dari Aku. Tidak ada yang lebih perkasa dari Aku. Hanya Aku yang pantas jadi perhatianmu. Hanya Aku yang layak menerima pengabdianmu. Yang ada hanya Aku. Yang memiliki kekuasaan Tunggal hanya Aku. Tidak ada yang lain. Maka itu sembahlah Aku saja.

Namun Tuhan dalam mengelola alam ciptaanNya membuat satu sistem yang sangat canggih dan super cerdas.

Manusia dengan kecerdasan sangat terbatas telah membuat sistem pemerintahan. Presiden tidak bekerja sendirian. Ada mentri. Mentri buat lagi sistem kerja kementrian. Sistem kementrian itu beroperasi di bawah kendali sang mentri. Saat presiden atau mentri ingin menujukkan kekuasaan dan otoritasnya presiden bilang Aku. Mentripun bilang Aku. Akulah presiden pertama kata Sukarno. Akulah menristek kata Habibie.

Ketika presiden Sukarno mengundang para pemimpin negara Asia-Afrika, Sukarno mengatakan kami akan menjamu kalian dengan penuh pesona bangsa kami Indonesia. Kami akan melayani kalian dengan citra pelayanan nusantara.

” Aku ” bicara posisi. Bicara wewenang. Bicara otoritas. Sedang “Kami” bicara sistem. Bicara sistem kerja. Bicara sistem operasi. Bicara S. O. P.

Akulah Tuhanmu. Sembahlah Aku. Kata Tuhan ketika memamerkan kekuasaan tunggal dan otoritas mutlakNya.

Kami kan melayanimu, memberi rizki padamu, pada anak-anakmu secara sistemik. Semua elemen elemen dalam sistem Tuhan bekerja dengan tingkat akurasi dan presisi super cerdas dalam mengelola alam raya ciptaanNya.

***Akan sangat lebih mudah dan lebih leluasa pembicaraan tentang ini jika terlebih dahulu membaca buku The Bhinneka Tunggal Ika.

Leave a Reply

