Psikolinguistik

Psikolinguistik.

Oleh: Eza Azerila, Konsultan Politik Adiluhur.

psikolinguistik.jpg
.
Bahasa adalah pesan. Pesan pesanmu bisa disampaikan dengan berbagai cara. Bahasamu menyampaikan pesan pesan jiwamu. Jika kamu ingin mengenali jiwamu bagaimanna kamu dapat teliti dan mengamatinya dari bahasa yang keluar berupa kata, bahkan berupa gerak fisik sekalipun.
Lohgikanya sederhana saja, apa yg keluar dr mulutmu itu adalah tumpahan jiwamu.
Bahkan untuk mengenal suatu bangsa apakah cara berpikirnya progresif atau regresif, bermental kuat atau lemah ,pesimis atau optimis, kamu dapat mengamati dari bahasa yang diulang-ulang secara tak sadar oleh bangsa yang dengan bahasanya itu mereka sedang memperlihatkan siapa sesungguhnya diri mereka. Fenomena ini disebut dengan istilah psikolinguistik. Mengenali jiwa melalui cara berbahasa.
Berakit rakit ke hulu berenan-grenang ke tepian. Bersakitsakit dahulu bersenang-senang kemudian. Apakah kita hrs sakit lebih dulu baru kemudian menikmati kesenangan. Mengapa kita tidak menyenangi rasa sakit itu sehingga tidak pernah ada cerita sakit, pedih, lelah, sengsara dsb.
Kalo bahasa kitab suci, sungguh BERSAMA keulitan itu terdapat kebahagiaan. Bukan SETELAH kesulitan terdapat kebahagiaan.


Contohnya??!
Di mana letak kesenangan olah raga arungjeram..?
Kapan kesenangan olah raga climbing?
Kapan kebahagiaan para pehobi selancar air?
Kapan kesenangan para penerjum parasut?
Kapan kesenangan para penyelam?
Kawan, anggap saja perjuanganmu dalam meraih apa yang kamu inginkan itu seperti mentalnya para penyelam, mentalnya para penerjun payung, mentalnya para peselancar air, mentalnya para climber, mentalnya para penyuka arung jeram. Mental mental mereka sedang menikmati dan menyenangi kesulitan, tantangan, hambatan, dan bercanda dengan maut.


Psikolingistik.
Bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian ada dualitas. Meskipun itu tetap baik daripada bersakitsakit dahulu berujung sakit melulu.
Mengapa tidak kamu ubah mentalmu dengan bahasa :
SUNGGUH BERSAMA KESULITAN BERSEMAYAM KEBAHAGIAAN

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s