Mata Air

Mata Air

Oleh:Eza Azerila
Dalam artikel “Three Questions” kita telah menjawab tiga pertanyaan paling mendasar sehingga menemukan hidup penuh makna dan kebahagiaan.

Manusia paling berharga dan paling pantas mendapat perhatian teristimewa adalah yang paling dekat dengan dirimu. Dan manusia yang terdekat denganmu itu tak lain adalah dirimu.

Manusia itulah yang paling berhak atas cintamu, kasih sayangmu, perhatianmu, kepedulianmu, perawatanmu, pemeliharaanmu dan serba pelayananmu.

Kapan? Sekarang juga.

Jika kamu perhatikan urusan lain shg mengabaikan dia berarti kamu telah melakukan kesiasiaan. Kamu melakukan semuanya, kamu perhatikan segalanya kecuali yang penting. Kamu menghayal ingin melakukan perubahan dunia tetapi lupa bahwa dunia yang mesti kamu benahi adalah dirimu itu. Jika saja kamu hanya membangun dan memperbaiki satu orang itu saja sesungguhnya kamu telah memberi kontribusi tak ternilai pada hidup dan kehidupan.

Banyak orang menghabiskan umurnya untuk melakukan segala hal kecuali yang penting. Banyak orang ingin mengubah dunia namun sedikit yang perhatian mengubah dirinya sendiri. Banyak orang yang begitu peduli pada segala keadaan sementara dia tidak peduli dengan keadaan dan nasib dirinya. Banyak orang membangun ini dan itu dan merek tidak punya waktu membangun dirinya sendiri.

Tugas terpenting dan satusatunya hidupmu hanyalah memberi perhatian pada manusia yang terdekat dengan dirimu sedemikian rupa sehingga waktu, energi, daya dan segenap kekuatan diperuntukkan untuk membangun sang kekasih di dekatmu itu.

Kekasihmu itu lapar spiritual, lapar intelektual, lapar ilmu pengetahuan, lapar hikmat dan kebijaksanaan, lapar sudahkah kamu beri makan ia dengaan gizi-gizi spiritual, intelektual, ilmu pengetahuan, hikmat dan kebijaksanaan. Jika perhatianmu padanya membuat kamu melayani segala kebutuhannya itu pertanda cintamu begitu sejati padanya. Kamu memberi konsumsi yang tepat padanya, kamu benar benar mengenalnya dengan baik, kamu telah berhasil membahagiakannya.

Saat itu terjadi, saat spiritualitasmu terbangun, intelektualitasmu kaya, wawasan pengetahuanmu dalam dan luas dalam bidang apapun yang sesuai dengan panggilan dirimu, saat logikamu menajam, saat rasionalitasmu unggul, saat kecerdasan emosimu menghalus dan stabil, saat itulah kamu menjadi sebaik-baik manusia. Karena kamu sdh berubah menjadi mata air kehidupan.

Dari sumber mata air kehidupanmu itu tak habishabisnya orang-orang menimba apa yang mereka inginkan. Dari mata air itu mereka menimba cinta, menimba ilmu, menimba kebahagiaan, menimba hikmat, menimba pengetahuan, menimba apapun yg mereka butuhkan sebagai bekal dan solusi bagi persoalan hidup mereka.

Tugasmu hanya satu yaitu mencintai kekasih terdekatmu. Jika tidak, maka kamu kelak akan menyesali betapa selama hidupmu kamu hanya membangun rumah labalaba. Yaitu rumah yang paling rapuh tak berfondasi. Jangan sampai, terrnyata kamu liat dirimu hanyalah seorang spiderman.
.

Are you a spiderman? No. You are not a spiderman at all.

.
# Aku tidak punya alasan yang cukup untuk berlari meninggalkanmu, duhai kekasih terdekatku…

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s