Imperialisme adalah Watak

Kawan, Imperialisme ialah politik untuk menguasai , dengan paksaan, suatu wilayah demi kepentingan diri sendiri yang dijadikan sebagai imperiumnya.

imperialisme

Imperialisme, Oleh Eza Azerila

 

Imperialisme adalah watak. Watak ini terdapat pada setiap orang yang rakus, yang karena rakusnya itu ia ingin menguasai pihak lain, orang lain, suku lain, atau bangsa lain. Imperialisme tidak ada hubungannya dengan ras, dengan suku bangsa, dengan warna kulit.

 

Imperialisme hanya berhubungan dengan watak. Siapapun yang punya watak ingin menguasai menjajah dan menderitakan pihak lain, dengan pengaruh yang dimiliki, dengan kekuasaan yang ada, dengan jabatan yang tersedia, dengan organisasi yang dipimpin, maka ia adalah imperialis sejati. Meskipun kulitnya sama dengan kulitmu, bahasanya sama dengan bahasamu, agamanya sama dengan agamamu, ideologinya sama dengan ideologimu.

 

Watak itu adalah watak purba, watak reptil, watak orang yang terlambat perkembangan kedewasaan kemanusiaannya. Demi dirinya ia mau sejahtera sendiri, mau enak sendiri, mau untung sendiri, mau kenyang sendiri, mau senang sendiri. Dia tidak pernah berpikir tentang kemajuan bangsa, tentang kemanusiaan, tentang masa depan bangsa, tentang kemuliaan dirinya dan bangsa.

 

Para pengidap penyakit imperialisme ini mau mengorbankan kemuliaan dirinya demi kerakusan mereka, demi membangun kesenangan diri mereka, demi kesejahteraan mereka.

 

Kawan, penyakit inilah yang diderita oleh Inggris ketika menyerang Surabaya.

 

Kawan, memang Belanda sudah pergi, Jepang sudah pulang, Inggris sudah hengkang, tapi persoalannya apakah bangsa ini sudah benar benar terlepas dari imperialisme ?

 

Apakah makna ketika Sukarno mengatakan “Perjuanganku lebih mudah karna aku menghadapi imperialisme asing, dan perjuanganmu akan lebih sulita karna menghadapi imperialisme bangsa sendiri..”.

 

Kawan, berdoalah kepada Tuhanmu agar penyakit imperialisme tidak hinggap di dirimu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s