Wahai Manusia Indonesia..? Mari kita bicara..?

Gandaria, Maret 2016
Oleh: Eza Azerila

image
Komunitas Manusia Indonesia

 

Indonesiaku..

Setiap manusia yang memiliki kesamaan mereka membentuk satu komunitas. Dan suratku ini bicara tentang apa itu komunitas manusia Indonesia.

Komunitas manusia Indonesia adalah himpunan atau kerumunan warga bangsa yang sah sebagai warga negara di mana pun mereka berada, apa pun suku, ras, agama, golongan, dan kelas sosial ekonominya, yang cinta, menghargai, merawat, mendukung, dan membela tanah air, ideologi Pancasila, dan keutuhan Indonesia.

Mereka disatukan, direkat, dan dihimpun oleh visi ketuhanan, misi kemanusiaan, semangat persatuan, dan tanggungjawab kebangsaan.

Jiwa komando adalah kesetiaan pada sesama warga bangsa, setia pada kepemimpinan yang sah secara undang-undang, setia pada pemerintah dan pemerintahan terpilih secara konstitusional, baik di tingkat desa, walikota, kabupaten, profinsi maupun tingkat kepemimpinan nasional.

Sesiapa yang memecah-belah bangsa, mengadu domba antar anak bangsa, merongrong kewibawaan UUD, kesaktian Pancasila, menistakan simbol-simbol negara, menjatuhkan citra lembaga pemerintahan, mengoyak koyak kesatuan dan persatuan, atas nama apapun, bukanlah dari komunitas manusia Indonesia, itu bukanlah jiwa komando.

image
KOMANDO adalah Manusia Pancasila

Komunitas Manusia Indonesia bukanlah organisasi, bukan orpol, bukan ormas, bukan LSM, bukan perpanjangan tangan pemerintah, bukan underbow dari salah satu organisasi politik. Komando hanyalah komunitas, tidak berorgan, tidak berstruktur, tidak ada ketua, tidak ada keanggotaan. Yang ada hanyalah manusia manusia Indonesia yang memiliki kesadaran akan Indonesia yang kuat, Indonesia yang bermartabat, Indonesia yang bersatu, berperadaban, berjaya, hebat dan maju.

Mereka adalah individu-individu manusia Indonesia yang berada di pemerintahan, di orpol, di ormas, di lsm, di lembaga lembaga pemerintah dan swasta. Bisa jadi mereka adalah presiden, atau mentri, atau gubernur, atau bupari, atau walikota, atau kaum profesional, dokter, pengacara, dosen, motifator, guru, mahasiswa, dsb. Mereka tersebar tapi tujuan mereka satu, Indonesia yang kuat dan bermartabat.

Siapakah Pemimpin Komando?

Mereka dipimpin oleh diri mereka masing masing, untuk ikut berbagi demi kejayaan Indonesia kini, nanti dan selamanya.

Salam Komando

(Penyunting: Bung dan Bunga KOMANDO)

Advertisements